Tugas Review Konten Rumah Belajar - Marlius Telaumbanua

Berisi Tentang Info Edukasi, Nias dan Hasil Karya

Jumat, 13 September 2019

Tugas Review Konten Rumah Belajar

Ilustrasi
Sesuai dengan instruksi dari Virtual Coordinator Training (VCT) Batch 5 Wilayah Sumatera Utara dimana salah satu tugasnya yakni mereview sejumlah konten yang ada didalam portal rumahbelajar.id, maka dengan ini saya memilih dua konten yakni Kuliner Langka Minangkabau dan Seri Pendidikan Orang Tua, Membiasakan Hidup Sederhana.

Kuliner Langka Minangkabau merupakan salah satu buku yang dipublikasikan di rumahbelajar.id  yang merupakan karya dari Gantino Habibi ini cukup menarik dimana selain bahasanya menggunakan bahasa yang mudah dimengerti, juga sesuai dengan tingkat pembacanya.

Hal ini juga berkaitan dengan materi pembelajaran yang diajarkan dalam bahasa inggris dan bahasa Indonesia di tingkat SMP yakni tentang prosedural teks.

Namun demikian beberapa poin yang saya sarankan untuk perbaikan kedepan diantaranya:

  1. Sesuai dengan judul buku, dimana buku tersebut berisi tentang Kuliner minangkabau seyogianya gambar ilustrasi yang tidak berkaitan dengan kuliner yang sedang diperkenalkan diminimalisir.
  2. Jika memungkinkan karikatur atau gambar orang yang sedang berdialog juga di berikan untuk memberikan daya tarik lebih bagi para pembaca.
  3. Dalam bentuk tulisan, untuk lebih menarik alangkat lebih baik jika ukuran dan font huruf dipilih yang lebih menarik. 
  4. Dalam tulisan ada beberapa kutipan yang bertuliskan bahasa minang namun tidak diberikan terjemahan sehingga hal tersebut bisa membingungkan penerjemahan para pembaca.

Foto Ilustrasi
Selanjutnya, untuk konten rumah belajar yang berjudul Seri Pendidikan Orang Tua, Membiasakan Hidup Sederhana tidak kalah menarik karena berisi tentang manfaat hidup sederhana dan tata cara hidup sederhana, isi buku yang diterbitkan langsung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2018 begitu penting kepada orang tua untuk mengarahkan anak-anaknya sejak usia dini untuk lebih berhemat dan hidup sederhana.

Selain isinya singkat jelas dan padat, gambar ilustrasi dan warna juga menarik juga pesan dari isi buku tersebut sangat bermakna salah satunya untuk menghindari anak sebagai generasi penerus kedepannya tidak korupsi dan tetap hidup sederhana.

Namun demikian, kemungkinan lebih menarik jika garis-garis besar yang dituliskan didalam buku tersebut dijelaskan secara singkat, seperti contoh dihalaman 7 dimana dituliskan Makan Secukupnya, andaikan penulis dapat memberikan penjelasan secara ringkat tentang makan secukupnya tersebut kemungkinan akan lebih menarik.

Demikian review konten rumahbelajar.id yang bisa saya tuliskan. Terimakasih.

Link Youtube: KLIK DISINI atau https://bit.ly/2kLyjiX






2 komentar

Silahkan berikan komentar sesuai topik.
EmoticonEmoticon