PKLM di Desa Tuhegafoa II - Marlius Telaumbanua

Berisi Tentang Info Edukasi, Nias dan Hasil Karya

Selasa, 21 Desember 2010

PKLM di Desa Tuhegafoa II

Berkeliling Desa dan Mendapatkan Anak Sedang Menyada Karet
Tepat dua bulan pada tanggal 20 Oktober 2010 kemarin, Program Kegiatan Lapangan Mahasiswa atau sering disingkat PKLM telah usai. 

Pada tahun ini lebih 400 mahasiswa yang ikut program PKLM dari 8 Jurusan di dalam Kampus IKIP Gunungsitoli antara lain: Pendidikan Matematika, Biologi, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Indonesia, Bimbingan Konseling, Pendidikan Teknik Bangunan, Pendidikan Ekonomi dan Pendidikan Kewarganegaraan, disebar ke 3 kabupaten dan 1 kotamadya yang ada di pulau Nias, yakni Kabupaten Nias, Nias Barat, Nias Utara dan Kodya Gunungsitoli. 

Kala itu saya beserta sembilan mahasiswa dari berbagai jurusan dan fakultas di tempatkan di salah satu desa yang terisolir di wilayah Kabupaten Nias yakni Desa Tuhegafoa II dimana akses jalan menuju ke Desa tersebut tidak bisa dilalui kendaraan akibat ada sungai yang belum memiliki jembatan sehingga mau tidak mau untuk menuju ke daerah tersebut harus menempuh dengan jalan kaki kurang lebih 2 jam. 

Sangat menggembirakan pada saat penjemputan sesuai informasi yang didengar penulis dari rekan-rekan mahasiswa dan juga beberapa kepala desa, bahwa mahasiswa yang berada dilingkungan masyarakat pedesaan pada saat PKLM, bisa menyesuaikan diri dan memberi teladan kepada masyarakat sekitarnya. Misalnya membuat kebun percontohan, sanitasi, private les dan beberapa hal lainnya.

Memang kalau kita perhatikan sungguh ironis memang penempatan Mahasiswa ke desa-desa karena kurang sesuai dengan bidang akademiknya. Misalnya membuat kebun percontohan seperti uraian penulis diatas, yang bisa diyakinkan 100 % belum pernah diterima dibangku perkuliahan, namun apa boleh buat karena program yang sering di arahkan kepada Tri dharma perguruan tinggi, poin 3 yakni Pengabdian kepada masyarakat. Harapan penulis, semoga Program PKLM ini sesegera mungkin di benahi, agar lebih bermanfaat kepada institusi dan terlebih-lebih kepada Mahasiswa IKIP Gunungsitoli.
Comments

Silahkan berikan komentar sesuai topik.
EmoticonEmoticon