Pengenalan Komputer - Marlius Telaumbanua

Berisi Tentang Info Edukasi, Nias dan Hasil Karya

iklan banner

Rabu, 15 April 2015

Pengenalan Komputer

Berjumpa lagi dengan topik yang berbeda untuk para pembaca, dimana tulisan ini awalnya untuk mengisi waktu kosong duduk di kantor sembari melihat-lihat perangkat yang ada di ruangan hingga terinspirasi untuk menggores tulisan tentang komputer.

A. PENGERTIAN KOMPUTER 
Komputer berasal dari bahasa latin yaitu “computare” yang artinya menghitung. Itu searah dengan pengartian dalam bahasa Inggris yaitu “ to compute”, yang berarti menghitung. Sedangkan istilah “computer” berarti alat penghitung. Kemudian kata computer tersebut diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia menjadi komputer. Berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki, komputer dapat didefinisikan sebagai peralatan elektronik yang bekerja secara koordinatif dan integratif berdasarkan program, dapat menerima masukan berupa data, mengolahnya dalam memori dan menampilkan hasil hasil berupa informasi. Bisa disimpulkan bahwa komputer adalah Suatu sistem elektronik yang d igunakan untuk menerima, mengolah, danmenyimpan data secara cepat dan tepat, serta menghasilkan informasi sesuai program yang digunakan. 

B. PERANGKAT KOMPUTER 
Secara Sederhana Perangkat Komputer di bagi dalam dua bagian yakni Perangkat Keras (Hardware) dan Perangkat Lunak (Sofware) a. Perangkat Keras adalah Perangkat Komputer yang langsung bisa secara fisik terlihat wujudnya. b. Perangkat Lunak (Software) adalah Program yang menjalankan komputer. Selain dari dua bagian yang tidak dapat di pisahkan di atas, hardware dan software ada satu komponen lagi yang akan menentukan jalan tidaknya dua perangkat diatas yaitu disebut dengan Brainware. Brainware (Pemakai Komputer) adalah orang yang terlibat langsung dalam pemakaian komputer, seperti user, operator, programmer. 

C. Fungsi Masing-masing Perangkat Keras Komputer (Hardware)
Seperti yang telah di tuliskan diatas ada beberapa bagian yang tidak dapat dipisahkan dari pemakaian komputer seperti Hardware. Hardware terdiri dari beberapa komponen seperti CPU, Mouse, Keyboard, Monitor yang sering disebut dengan perangkat keras utama (Core Hardware) dan Printer, Speaker, Proyektor adalan perangkat keras penunjang. 

Dari masing-masing perangkat diatas dapat dijelaskan sebagai berikut.

a. CPU (Central Processing Unit) CPU (Central Processing Unit) merupakan otak atau sumber dari komputer yang mengatur dan memproses seluruh kerja komputer. Fungsi utama CPU adalah menjalankan program-program yang disimpan di memori utama. Hal ini dilakukan dengan cara mengambil instruksi-instruksi dari memori utama dan mengeksekusinya satu persatu sesuai dengan alur perintah 

b. Monitor Monitor adalah alat yang digunakan untuk menampilkan hasil dari proses pengolahan oleh komputer, bentuknya seperti televisi dengan ukuran mulai 11 inchi, 15 inchi, 17 inchi, 29 inchi, dst. 

c. Keyboard Keyboard (papan ketik komputer) merupakan media untuk memasukkan data (huruf, angka, karakter khusus) atau perintah dari pemakai melalui tombol-tombol yang ada. Susunan tombol-tombol di keyboard hampir sama dengan yang ada di mesin ketik biasa. Keyboard digunakan khusus untuk menjalankan atau memasukkan data, instruksi, atau program ke dalam komputer, serta memiliki tombol-tombol khusus yang tidak ada pada mesin ketik biasa. 

d. Mouse Mouse digunakan untuk mengatur perpindahan kursor secara cepat atau untuk memberikan perintah secara praktis & cepat dalam memilih menu atau toolbar yang tersedia. 

Fungsi dan cara penggunaan mouse : 
• Klik Kiri: untuk memilih / menandai aplikasi, caranya dengan melakukan klik sekali tombol mouse sebelah kiri
• Klik Kanan: untuk mengeluarkan menu cepat aplikasi, caranya dengan melakukan klik sekali tombol mouse sebelah kanan. 
• Drag : untuk menyeleksi, caranya dengan menekan dan menahan tombol mouse kiri sambil menggeser mouse. • Double Klik: untuk membuka aplikasi, caranya dengan melakukan klik dua kali tanpa menggeser mouse. 

D. Software 
Software merupakan kumpulan perintah terperinci yang diwujudkan dalam bentuk bahasa, kode, skema atau bentuk lain, yang apabila digabungkan dengan media tertentu akan mampu membuat komputer bekerja sesuai fungsinya. Software diperlukan oleh komputer untuk melakukan suatu proses pengolahan data.

Fungsi software (program komputer) antara lain : 

  • sebagai penghubung antara pemakai dan komputer 
  • sebagai pemandu agar komputer siap digunakan 
  • mengatur agar komputer bekerja efisien Secara umum software (program komputer) dibedakan menjadi 3 (tiga) jenis, yaitu : *Sistem Operasi; *Program Aplikasi *Bahasa Komputer.
Comments

Silahkan berikan komentar sesuai topik.
EmoticonEmoticon