Na Hasara Dödö, Na Hasara Li, Ta'olikhe Gawöni-Ta'olae Guli Nasi
Home » » Rancangan Aktualisasi Nilai Dasar Profesi PNS

Rancangan Aktualisasi Nilai Dasar Profesi PNS

Marlius Telaumbanua | Foto: Doc. Pribadi
Rancangan Aktualisasi Nilai Dasar Profesi PNS merupakan rancangan yang akan di aktualisasikan oleh Calon Pegawai Negeri Sipil di lingkungan tempat kerja dalam rangka untuk mengaktualisasikan Nilai Dasar Profesi PNS yang sering disingkat dengan ANEKA, yaitu Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika Publik, Komitmen Mutu dan Anti Korupsi.

ANEKA merupakan hal mutlak yang dimiliki oleh seorang PNS sebagai Abdi Negara dan pelayan masyarakat sesuai dengan UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara.

Undang-undang tersebut menegaskan bahwa ASN bukan sekedar pegawai biasa saja, melainkan sebuah profesi yang melakukan pekerjaan secara professional. Harapannya melalui Undang-undang itu image PNS yang selama ini bersikap kurang melayani masyarakat akan berubah menjadi pelayan publik yang berkualitas.

Hal tersebut seperti disampaikan oleh para narasumber yakni para widyaiswara dari Badan Diklat Provinsi Sumatera Utara dalam diklat prajabatan CPNS lingkup Pemerintah Kabupaten Nias Utara beberapa waktu lalu, dimana saya sebagai salah seorang peserta diklat prajabatan dimaksud.

Diklat Prajabat merupakan salah satu persyaratan CPNS diangkat PNS, sehingga seorang yang telah lulus seleksi penerimaan CPNS harus melewati diklat Prajabatan dimana salah satu poin utama untuk menghasilkan para PNS yang handal dan berkualitas dibidangnya.

Oleh karena hal tersebut, untuk membuktikan pelaksanaan/aktualisasi ANEKA yang telah dijelaskan selama beberapa hari, maka seluruh peserta diklat Prajabatan harus membuat rancangan yang akan diaktualisasikan di tempat kerja masing-masing, dimana saya juga terlibat didalamnya, sehingga saya juga membuat rancangan aktualisasi yaitu Rancangan Aktualisasi Nilai Dasar Profesi PNS di SMP Negeri 1 Tuhemberua.

Untuk lebih jelas tentang rancangan tersebut, silahkan di dapatkan melalui LINK INI




0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar sesuai topik.