Timbulnya Kemiskinan di Tengah Masyarakat - Marlius Telaumbanua

Berisi Tentang Info Edukasi, Nias dan Hasil Karya

iklan banner

Minggu, 12 April 2015

Timbulnya Kemiskinan di Tengah Masyarakat

Miskin adalah kata yang sangat familiar terutama di Negara berkembang seperti Indonesia, dimana tingkat pendapatan sebagian besar masyarakat tergolong masing dibawah rata-rata bahkan tidak mampu memenuhi kebutuhan hidup pokok setiap harinya. 

Berdasarkan wikipedia, Kemiskinan adalah keadaan dimana terjadi ketidakmampuan untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti makanan, pakaian, tempat berlindung, pendidikan, dan kesehatan. Kemiskinan dapat disebabkan oleh kelangkaan alat pemenuh kebutuhan dasar, ataupun sulitnya akses terhadap pendidikan dan pekerjaan.

Dalam pengertian Konvensional, Kemiskinan merupakan pendapatan (income) dari suatu kelompok masyarakat yang berada dibawah garis kemiskinan. Oleh karena itu seringkali berbagai upaya pengentasan kemiskinan hanya berorientasi pada upaya peningkatan pendapatan kelompok masyarakat miskin. Kemiskinan merupakan masalah global. Sebagian orang memahami istilah ini secara subyektif dan komparatif, sementara yang lainnya melihatnya dari segi moral dan evaluatif, dan yang lainnya lagi memahaminya dari sudut ilmiah yang telah mapan,dll.

Namun demikian, berdasarkan pengamatan penulis makna dari kemiskinan itu sendiri bukanlah sekedar kekurangan pendapatan (income) namun kekurangan kebutuhan baik secara jasmani dan rohani. 

Hal tersebut diatas didasari oleh pengamatan penulis sendiri melihat sekelompok orang disuatu daerah tergolong miskin bukan karena tidak adanya lapangan pekerjaan namun karena sekelompok orang tersebut tidak kreatif bahkan adanya rasa malas yang berasal dari dalam diri pribadi sehingga adanya keengganan bekerja yang pada akhirnya tidak mendapatkan uang untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Menurut penulis, rasa keengganan bekerja dalam diri pribadi tersebut disebabkan oleh faktor yang berasal dari diri sendiri dan lingkungan serta pengaruh dari luar seperti contoh berharap dengan adanya uluran tangan orang lain yang ingiin membantu dan ingin mendapatkan uang secara instan. 
Comments

Silahkan berikan komentar sesuai topik.
EmoticonEmoticon