Mencari Figur Pemimpin Nias Utara 5 Tahun Kedepan - Marlius Telaumbanua

Berisi Tentang Info Edukasi, Nias dan Hasil Karya

iklan banner

Selasa, 28 April 2015

Mencari Figur Pemimpin Nias Utara 5 Tahun Kedepan

Nias Utara merupakan salah satu Kabupaten yang usianya tergolong masih muda, dimana merupakan hasil pemekaran Kabupaten Nias sesuai dengan UU Republik Indonesia Nomor 45 Tahun 2008 tentang Pembentukan Kabupaten Nias Utara, yang di sahkan dan diundangkan di Jakarta pada tanggal 26 November 2008.

Kabupaten Nias Utara dimaksud yang notabene juga merupakan tanah kelahiran saya sebagai penulis artikel ini meliputi 11 Kecamatan, yakni: Kecamatan Sawo; Lotu; Tuhemberua; Sitolu Ori, Namohalu Esiwa; Alasa; Alasa Talu Muzoi; Tugala Oyo; Afulu; Lahewa dan Lahewa Timur. 

Berdasarkan dari UU RI Nomor 45 Tahun 2008 tersebut, pada tanggal 26 Mei 2009, Toloaro Hulu dilantik menjadi Plt. Bupati Nias Utara pada tanggal 26 Mei 2009 untuk menata dan menajemen tata ruang dan pemerintahan serta sumber daya manusia yang ada. 

Hari berganti hari tahun berganti tahun, Nias Utara terus berbenah menuju ke arah yang lebih baik. Tongkat estafet kepemimpinan juga terus bergulir, dimulai dari Plt. Bupati Nias Utara Pertama Toloaro Hulu, Pjs. Bupati Nias Utara Fonaha Zega dan Bupati Nias Utara yang sedang menjabat saat ini Edward Zega. 

Tidak dipungkiri dari setiap sosok pemimpin yang pernah atau sedang memimpin Nias Utara ada kelebihan dan ada juga kekurangan, dengan tidak henti-hentinya sejumlah aktivis, pers yang ikut mengawasi jalannya roda pemerintahan mengkritisi dan memberikan masukan kepada pemerintah untuk menjadi lebih baik. 

Hal tersebut membuat saya sebagai penulis artikel ini mencoba menuangkan ide tentang figur yang menurut saya menjadi sosok pemimpin Nias Utara kedepannya melihat situasi kondisi dan zaman yang semakin hari semakin canggih. 

Saya berpendapat bahwa pasangan yang tepat untuk memimpin Nias Utara kedepannya adalah pasangan yang mempunyai integritas yang tinggi serta berasal dari aliran nasionalis dan mampu menguasai beberapa hal seperti ilmu pemerintahan, politik, ekonomi perbankan dan juga sistem birokrasi yang sedang berjalan.

Muncul sebuah pertanyaan, mengapa? 

==Silahkan tunggu pada Postingan saya berikutnya==



Comments

Silahkan berikan komentar sesuai topik.
EmoticonEmoticon