Na Hasara Dödö, Na Hasara Li, Ta'olikhe Gawöni-Ta'olae Guli Nasi
Home » » Kebun Binatang dan Museum Pusaka Nias

Kebun Binatang dan Museum Pusaka Nias

Berbicara tentang museum umumnya tidaklah asing di mata para pembaca, dimana museum dapat diartikan sebagai lembaga yang berfungsi untuk menyimpan dan merawat serta melestarikan semua hal/benda yang bernilai sejarah. 

Ini dapat diartikan bahwa Museum bukan hanya diartikan sekedar tempat (gudang) penyimpanan barang-barang unik, tetapi harus mempunyai nilai sejarah disuatu wilayah atau daerah tertentu.

Museum Pusaka Nias merupakan empat penyimpanan dan pelestarian barang-barang terkait dengan sejarah peradaban di Kepulauan Nias sekaligus sebagai kebun binatang mini untuk menghibur para pengunjung yang berada di lokasi.

Museum ini terletak di kota Gunungsitoli sekitar 300 m dari Kampus IKIP Gunungsitoli. Didalam museum ini kita bisa melihat peninggalan seni dan kebudayaan zaman dulu di Nias, seperti patung-patung yang terbuat daru kayu, dan bebatuan.

Ketika berkunjung di dalam ruang pameran museum sedikit berbincang-bincang dengan staf museum pusaka Nias, dimana disampaikan, ada beberapa seperti patung yang mempunyai nilai sejarah kasta seseorang di suatu wilayah di Nias. 

Ini membuat admin teringat dengan pelajaran sejarah di masa Sekolah Menengah Pertama tentang kasta di peradaban india kuno tentang 4 kasta (disini admin tidak menguraikan). Selain itu, diruang pameran, terdapat miniatur rumah adat nias yang berbeda-beda. Ini disebabkan bentuk rumah adat dikepulauan Nias, bukanlah hanya satu, seperti bentuk rumah adat Nias Selatan sedikit berbeda dengan bentuk rumah adat yang ada di Nias Utara. 

Didalam Museum Pusaka Nias, ada juga menikmati suasana kebun binatang, seperti halnya Buaya, Monyet, burung, ular, biawak, kancil, kijang bahkan rusa, dimana beberapa binatang tersebut mulai sangat sulit kita dapatkan di alam bebas saat ini. Hal ini membuat saya sebagai seorang pengunjung senang berkunjung di tempat tersebut, selain merangsang pikiran kita untuk berbicara tentang sejarah, juga memberikan pelajaran yang sangat berharga buat kita semua yang tidak kita dapatkan di tempat lain.

1 komentar:

  1. Museum kok digabung dgn kebun binatang? saya sudah pernah menyurati pihak museum tembusan ke walikota gunungsitoli sampai skarang tdk ada bls.Kebun binatang disitu tdk memenuhi syarat sebagai kebun binatang. Belum lg AMDAL nya. Satwa2 dsana tdk mendapatkan animal walfare.Tolong Media berperan dlm hal ini. thanks

    BalasHapus

Silahkan berikan komentar sesuai topik.